2 Des 2015

Kesehatan

5 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Kehamilan adalah anugrah yang patut dijaga oleh setiap calon orang tua. Pilihan asupan yang berkualitas sangatlah penting bagi kesehatan janin dan si ibu. Para calon orang tua harus pintar memilih asupan mengingat banyak sekali makanan yang tidak bergizi belakangan ini. Banyak asupan yang dianggap bisa membantu kesehatan ibu dan janin namun ternyata hanya membuat lemak dan kolesterol bertambah. Kebiasaan ngidam juga sedikit membahayakan bagi kesehatan janin yang cenderung masih lemah terhadap sembarang makanan. Jenis-jenis makanan yang sering menjadi primadona ketika sedang mengalami proses kehamilan seperti mangga muda, durian dan buah-buah lain yang mengandung masam sebaiknya digantikan dengan asupan yang bermanfaat bagi janin dan si calon ibu. Salah satu asupan yang baik bagi ibu hamil adalah air kelapa. Ada berbagai macam manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Air serba guna nan lezat ini tidak hanya mengatasi dehidrasi sang ibu namun mengatasi masalah kehamilan yang sering menerpa pada calon ibu ini. Ada 5 manfaat yang bisa didapatkan para ibu hamil jika mengkonsumsi air yang menyegarkan ini.

Sumber gambar: Pixabay

Kebaikan pertama air kelapa adalah sebagai penjaga imunitas sang ibu. Rentannya kesehatan wanita saat mengalami kehamilan dapat membahayakan janin di dalam perut. Sifat air kelapa yang anti bakteri dan virus membuat air ini diwajibkan bagi setiap ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang kedua adalah sebagai pencegah infeksi yang baik. Kondisi ibu hamil yang tak jarang mengalami infeksi saluran kemih memang sangat dianjurkan mengkonsumsi asupan yang dapat membantu meningkatkan aliran urine. Kesehatan ibu memang sangat rawan bagi kondisi janin di dalam perut. Para calon ibu harus sangat berhati-hati dalam menjaga kandungan mereka.

Manfaat ketiga menghindarkan resiko bayi terlahir prematur. Air kelapa tidak hanya berguna untuk melancarkan pencernaan, terdapat berbagai zat seperti kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin dan juga sodium yang berguna untuk membantu proses persalinan agar bayi terhindar dari lahir prematur. Manfaat ke empat yakni dapat membersihkan bayi dari lemak dan kolesterol. Kandungan zat yang terdapat pada air kelapa ini memang sangat menyegarkan. Selain membantu proses persalinan manfaat air kelapa untuk ibu hamil ini juga membersihkan tubuh bayi dari lemak-lemak dan kolesterol yang menempel pada tubuh bayi ketika pertama kali ia melihat dunia ini. Dan manfaat terakhir dari air kelapa ini yakni membantu proses kelahiran. Kegunaan dari air yang difavoritkan banyak orang ini sudah terbukti efektif dalam membantu ibu hamil baik saat menjalani proses kehamilan maupun proses kelahiran.

2 komentar: