9 Nov 2017

Bayi Sponsored Post

Pilihan Menu MPASI 6 Bulan

Punya bayi memang keinginan banyak orang yang baru saja menikah. Karena memang bayi ini memberikan rasa gembira yang bukan main bagi pasangan yang baru saja menikah. Bahkan untuk orang yang sudah menikah lama namun tak kunjung punya anak, mendengar suara bayi yang menangis bisa menyenangkan bagi mereka. Walaupun terkadang orang tua sang bayi kadang sebel mendengar bayinya yang terus-menerus menangis. Namun, semoga saja kamu tidak sebel yah mendengarkan suara bayi kamu yang lucu.


Kelucuan bayi ini memang tidak mudah pupus. Dalam banyak hal bayi selalu terlihat lucu. Apalagi jika bayi sudah bisa tersenyum dan mulai bisa mengoceh. Rasanya mendengarkan ocehannya itu menjadi hiburan tersendiri bagi orang tua sang bayi.

Semua itu akan terus kamu alami hingga bayi tumbuh menjadi dewasa. Di masa umur bayi 3 bulan, banyak sekali perkembangan bayimu yang bisa kamu rasakan. Apalagi nanti ketika sudah berumur 6 bulan, tentu banyak sekali hal yang membuatmu senang dengan bayimu. Di saat 6 bulan ini, kamu sudah bisa memberikan makanan ke bayimu selain ASI. Makanan tersebut biasanya disebut dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Menu MPASI 6 bulan bayi sebenarnya tidak hanya sebatas bubur saja. Banyak sekali pilihan menu MPASI untuk bayi umur 6 bulan yang bisa kamu berikan, mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Apa saja sih buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa digunakan untuk MPASI bayi umur 6 bulan? Berikut ini ulasannya.

Buah Empuk untuk MPASI

Saat umur 6 bulan bayi pertama kali mengenal makanan selain ASI. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk dikenalkan dengan makanan yang gampang dicerna. Salah satu yang gampang dicerna adalah buah yang empuk. Beberapa buah yang dianggap empuk yang cocok untuk MPASI bayi 6 bulan adalah alpukat, pisang, dan pepaya.

Dalam memberikan buah yang empuk ini, kamu bisa langsung mengerok buah tersebut dan langsung memberikan pada sang bayi. Tentu saja cara ini dipilih karena memang diyakini bahwa bayi 6 bulan dapat mengkonsumsinya secara langsung.

Buah Bertekstur Keras untuk MPASI

Selain buah yang empuk, kamu juga bisa memberikan buah yang bertekstur keras. Bagaimana bayi 6 bulan dapat mengkonsumsinya sedangkan tekstur buahnya keras? Tentu saja dengan dikukus terlebih dulu. Buah bertekstur keras yang bisa digunakan untuk MPASI ini adalah pir dan apel.

Sayuran untuk MPASI

Selain buah-buahan, kamu bisa melakukan variasi MPASI dengan memberikan sayuran. Ada beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai MPASI. Sayur-sayuran tersebut antara lain: wortel, bayam, kentang, dan ubi. Sayuran tersebut tentu saja tidak langsung diberikan pada bayi 6 bulan, kamu harus mengukus atau merebusnya terlebih dahulu hingga kira-kira sang bayi 6 bulan tersebut bisa mengkonsumsinya.

Lauk Hewani dan Nabati

Di umur 6 bulan ini, kamu juga bisa mulai memberikan daging ayam dan daging sapi sebagai lauk hewani. Jika kamu ingin variasi, kamu bisa menggunakan lauk nabati seperti tahu dan kacang merah.

Itulah pilihan menu MPASI bayi umur 6 bulan yang bisa saya bagikan. Semoga tulisan ini menjawab rasa penasaranmu mengenai menu MPASI untuk bayi kesayanganmu yang sudah beranjak dari bulan keenam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar