24 Mar 2018

Kesehatan

Cara Meredakan Radang Tenggorokan dengan Herbal

Cara meredakan tenggorokan dengan herbal adalah alternatif pengobatan jika kamu tidak ingin pergi ke dokter dan/atau menggunakan obat-obatan berbasis kimia untuk menyembuhkan sakit yang kamu derita. Seperti yang kita tahu, sakit tenggorokan bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman. Gejala utamanya adalah rasa sakit atau perih karena iritasi. Rasa sakit tersebut biasanya sangat menyiksa ketika kita menelan.



Namun sebelum kita berbicara lebih jauh bagaimana cara ampuh meredakan radang tenggorokan menggunakan obat alami (herbal), ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa sih radang tenggorokan itu?

Radang tenggorokan biasanya terjadi akibat respon kekebalan tubuh yang berusaha menghalau virus atau bakteri penyebab infeksi. Respon alami dari imun tubuh kita tersebut kemudian menimbulkan efek peradangan atau pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menggunakan beberapa herbal berikut ini.

Cuka Sari apel

Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami yang efektif apabila digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali sakit tenggorokan. Bahan aktif berupa asam asetat yang terkandung di dalamnya bisa membantu melawan bakteri. Cara menggunakannya:

Minum satu cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sdm (sendok makan) cuka sari apel dan 1 sdm sendok makan madu (opsional saja). Namun jika tidak ada madu, kamu tetap bisa mengandalkan cuka sari apel yang dicampur air hangat saja.

Berkumur-kumur dengan air garam


Obat alami radang tenggorokan lainnya yang ampuh dan bisa mengobati penyakit ini dalam waktu singkat adalah air garam. Berkumur dengan air garam bisa membantu mengurangi pembengkakan dan bisa membantu mengurangi air di jaringan tenggorokan. Selain itu, air garam juga bisa membantu membunuh mikroba di tenggorokan. Cara memanfaatkannya:

Campurkan satu cangkir air hangat dengan satu sdt (sendok teh) garam, lalu aduk hingga larut. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur selama kurang lebih 30 detik setiap 1 jam sekali.

Madu

Menyediakan madu murni di rumah adalah sebuah keharusan. Karena madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Walaupun menemukan madu murni saat ini jadi tantangan tersendiri, karena semakin banyak beredar madu-madu palsu, namun jika kamu bisa mendapatkannya, sebaiknya sediakan stok madu di rumah untuk dimanfaatkan dalam berbagai hal.

Sejak dahulu, madu dikenal sebagai obat alami yang bisa membantu melawan infeksi, mengurangi rasa nyeri, dan bisa juga dicampurkan dengan berbagai herbal lainnya, seperti cuka sari apel misalnya. Kedua bahan alami tersebut bisa menjadi herbal yang efektif untuk melawan berbagai macam penyakit.

Namun ingat, madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun serta orang-orang yang tidak dianjurkan mengkonsumsi gula atau sedang menjalani diet rendah karbohidrat. Resep madu sebagai obat alami radang tenggorokan:

Untuk mengobati sakit tenggorokan, madu bisa dicampurkan dengan 1 gelas air hangat. Lalu diminum dua atau tiga kali sehari. Selain itu, larutan madu tersebut bisa juga ditambahkan 1 sdm cuka sari apel untuk memberikan efek yang lebih ampuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar