25 Mei 2018

Sponsored Post

Selain Baju Batik, Ini 5 Pilihan Oleh-Oleh yang Wajib Kamu Bawa dari Solo

Lebaran sebentar lagi akan tiba. Dan pada saat itu, seperti yang kita tahu, pasti banyak orang yang akan mudik. Salah satunya mungkin kamu... Nah, kalau kamu kebetulan berencana pulang kampung ke wilayah Jawa Tengah atau mungkin melewati kota Solo, jangan lupa mampir ke beberapa destinasi wisata populer di sana.


Solo yang dikenal sebagai kota budaya dan memiliki banyak warisan sejarah ini punya alam yang indah dan menarik serta terkenal. Misalnya, Keraton Surakarta, Taman Hiburan Rakyat Sriwedari, Museum Manusia Purba Sangiran, atau... mungkin kamu tertarik dengan destinasi wisata yang bisa bikin otak dan mata segar, kamu wajib mampir ke Grojogan Sewu di Tawangmangu yang pemandangannya aduhai. Atau, kalau kamu nggak pengen jauh-jauh dari pusat kota, kamu bisa mampir ke Taman Balekambang yang punya pemandangan cantik buat sekedar beristirahat dan melepas penat.

Selain objek wisata di atas, masih ada banyak tempat menarik di kota Solo yang bisa kamu explorer. Seperti pusat batik Solo hingga Pasar Klewer dan Galabo Solo (pusat kuliner) yang ada di jalan Kapten Mulyadi. Tempat ini (Galabo Solo) cocok banget kalau kamu jadikan sebagai tempat beristirahat, ngabuburit, sekaligus berbuka puasa karena pusat kuliner ini buka mulai sore hari.

Jalan-jalan ke Solo rasanya kurang lengkap kalau pulang nggak bawa buah tangan. Nah, bagi kamu yang berminat buat nyari oleh-oleh khas kota ini? Selain baju batik, berikut adalah oleh-oleh yang paling menarik buat dibawa pulang.

Surabi

Makanan khas ini sangat cocok buat kamu yang mencari oleh-oleh yang lezat dan murah. Makanan tradisional yang terbuat dari campuran tepung dan santan ini harganya cuma 2000 perak per biji.

Salah satu toko yang menjual surabi enak adalah, Surabi Notosuman yang ada di Jalan Muhammad Yamin

Ampyang

Jajanan tradisional ini pasti nggak asing buat kamu. Ampyang adalah cemilan yang terdiri atas kacang tanah atau kacang mente, dan direkatkan dengan gula merah. Rasanya gurih dan nikmat. Di Solo, ampyang yang bisa ditemukan di banyak tempat

Solo Prabu

Pernah dengar oleh-oleh yang satu ini? Mungkin nama oleh-oleh yang satu ini masih terdengar asing di telingamu. Tidak mengherankan, mengingat oleh-oleh ini adalah oleh-oleh kekinian yang hanya bisa kamu temukan di Ruko Honggowongso Square Pasar Kembang Solo.

Jajanan ini adalah kue yang terbuat dari pastry dan dilapisi dengan krim serta diberikan topping. Nama-nama yang disematkan untuk jajanan ini cukup unik lho... mulai dari Petruk Tiramisu, Semar Keju, sampai Gareng Black Velvet. Lucu ya...

Rambak petis

Rambak adalah sejenis camilan (kerupuk) yang dibuat dari kulit kerbau atau kulit sapi. Rambak sendiri ada dua macam, ada yang terbuat dari kulit, dan ada juga yang terbuat dari (jeroan) usus. Nah, kalau kamu berkunjung ke Solo, rata-rata rambak di sana terbuat dari kulit sapi yang rasanya gurih dan nikmat.

Yang membedakan, rambak khas Solo biasanya diberikan cocolan petis. Sehingga cita rasanya agak berbeda dengan rambak yang umum mungkin pernah kamu coba. Salah satu tempat di mana kamu bisa membeli oleh-oleh rambak khas Solo dengan cocolan petis adalah di Kampung Jagalan, Jebres, Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar