21 Nov 2018

Review

KBA Layana Indah Siap Jadi Sentra Agrowisata di Kota Palu

PT Astra International Tbk telah memilih Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu sebagai salah satu bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA). Layana Indah menjadi Kampung Berseri Astra yang ke-51 setelah diresmikan pada Mei 2017 yang lalu. Pasca dipilih sebagai salah satu KBA, Layana Indah disiapkan untuk menjadi sentra agrowisata Palu di kedepannya nanti. Tentu bukan hal yang tidak mungkin tujuan tersebut akan dapat diwujudkan bersama dengan kontribusi besar dari Astra.

Sumber foto: Astra International

Dipilihnya Layana Indah sebagai Kampung Berseri Astra adalah hasil dari analisa potensi wilayah, perencanaan program bersama dengan masyarakat juga pemerintah daerah setempat dan juga berdasarkan dari pemetaan sosial. KBA yang merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dari Astra dengan mengintegrasikan 4 pilar yakni pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan, maka besar harapan pemerintah Kota Palu agar kedepannya Layana Indah jadi sentra agrowisata sekaligus jadi ikon Kota Palu.

Berkolaborasi dengan masyarakat dan juga pemerintah setempat serta beberapa pihak terkait untuk terselenggaranya program, adanya Kampung Berseri Astra ini punya tujuan untuk dapat mewujudkan sebuah daerah dengan masyarakatnya yang sehat, cerdas, dan produktif ditunjang dengan wilayah yang bersih dan asri.

Merupakan program berbentuk pembinaan serta pemberdayaan, diharapkan dengan dijadikannya Layana Indah sebagai Kampung Berseri Astra dapat memberikan dampak posited yang besar terhadap masyarakat, jadi secara kolektif masyarakat setempat bisa mengambil berbagai inisiatif perubahan demi mengubah kualitas kehidupan masyarakat sebelumnya. Baik dalam hal pendidikan, kesehatan, standar kesejahteraan ekonomi, maupun juga lingkungannya.

Mengintegrasikan program dalam 4 pilar mulai dari lingkungan, kewirausahaan, kesehatan dan juga pendidikan, Astra menghadirkan berbagai kegiatan-kegiatan yang menarik di KBA Layana Indah. Mulai dari lingkungan, telah dikembangkan kegiatan peternakan serta pertanian di Kelurahan Layana Indah untuk kedepannya disiapkan sebagai kawasan agrowisata sekaligus ikon Kota Palu. Kegiatan ini juga dapat mencakup pilar kewirausahaan.

Untuk mengembangkan kegiatan yang mencakup pilar kewirausahaan sendiri, Astra telah bekerjasama dengan beberapa pihak terkait. Mulai dari Universita Tadulako, sampai dengan dinas pertanian dan peternakan setempat. Astra memang memiliki kerjasama yang baik dengan banyak pihak-pihak penting demi menyukseskan terwujudnya kampung mandiri dalam progam Kampung Berseri Astra. Termasuk di Layana Indah Palu pastinya.

Kemudian dalam hal pendidikan, Astra menaruh fokus untuk revitalisasi kegiatan di PAUD, SD, SMP hingga rumah baca yang dikembangkan demi meminimalisir angka buta huruf serta tingkat partisipasi sekolah. Sementara itu, untuk pilar kesehatan, dilakukan dengan peningkatan level posyandu serta mengadakan kegiatan sosialisasi keshetan seperti tentang perilaku hidup bersih san sehat. Apalagi juga Layana Indah adalah kampung yang ditunjuk sebagai Kampung Keluarga Berencana. Sehingga hadirnya Astra jelas semakin membantu pemerintah dalam hal peningkatan kualitas kesehatan pada masyarakat tingkat desa atau kelurahan.

Layana Indah merupakan satu-satunya Kelurahan yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yang terpilih menjadi Kampung Berseri Astra. Keinginan Astra untuk mewujudkan masyarakat di Layana Indah menjadi lebih sehat, cerdas, lingkungannya asri dan juga pendapatan ekonomi masyarakatnya meningkat, maka Astra juga berharap agar warga tidak lagi repot untuk mencari donator demi mengembangkan kampungnya.


Masuknya Astra dalam bagian dari Layana Indah adalah solusinya. Tinggal dicari mana kegiatan-kegiatan dalam program KBA yang dapat jadi prioritas utama masyarakat. Selama lima tahun sejak diresmikan, KBA Layana Indah akan terus didampingi oleh Astra dengan memantau setiap kegiatan yang telah disusun demi terwujudnya Layana Indah sebagai kampung mandiri. Ditambah juga Pemerintah Kota Palu yang menaruh harapan besar pada kampung ini untuk menjadi sentra agrowisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar