29 Apr 2019

Pendidikan

Mau Kuliah Pasca Sarjana ke Luar Negeri? Coba Saja Beasiswa LPDP!

Memburu beasiswa kini bukan hanya karena latar belakang keluarga yang kurang mampu saja namun juga karena adanya dukungan dan kemudahan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Beasiswa kini bukan hanya diberikan untuk mendapatkan gelar sarjana namun juga pasca sarjana. Bukan hanya diberikan untuk universitas di dalam negeri namun juga untuk belajar di universitas favorit luar negeri. Anda juga bisa mendapatkan beasiswa sarjana dan pasca sarjana karena banyak yang memberikannya untuk orang yang tepat termasuk dari LPDP. LPDP adalah kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, beasiswa LPDP akan memberikan jalur gratis untuk Anda agar bisa berkuliah di dalam negeri maupun luar negeri hingga jenjang perkuliahan tertinggi.


Untuk bisa mendapatkan beasiswa dari LPDP ini Anda harus mendaftarkan diri melalui lama website LPDP. Isilah informasi yang dibutuhkan beserta persyaratan yang harus Anda unggah ke situs tersebut. Cukup mudah untuk memasukkan data Anda ke dalam halaman website LPDP ini namun, apa yang harus Anda persiapkan sebelumnya adalah yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah apa yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mendaftarkan diri di program beasiswa dari LPDP:

Test TOEFL / Tes IELTS

Test penguasaan bahasa Inggris ini merupakan salah satu persyaratan wajib untuk mendaftar di program beasiswa dari LPDP. Anda bisa mengambil salah satu tes antara keduanya dengan mempertimbangkan di negara mana Anda akan mengambil studi pasca sarjana. Jika Anda memilih untuk berkuliah di benua Eropa maka test IELTS akan lebih pas untuk Anda, namun juga Anda akan berkuliah di benua Amerika, Anda bisa memilih tes IELTS atau TOEFL karena semuanya bisa diterima di sana.

Negara dan universitas tujuan

Sebelum mengisi pendaftaran program beasiswa LPDP sebaiknya Anda sudah memiliki negara tujuan untuk melanjutkan kuliah. Namun jangan lupa jika beasiswa ini juga bisa Anda gunakan untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri sesuai dengan pilihan universitas yang Anda inginkan.

Uang saku

Selain uang untuk biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke universitas, Anda juga akan mendapatkan uang saku yang cukup lumayan apalagi jika Anda memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Uang saku akan disesuaikan dengan negara mana Anda diterima. Selain uang saku Anda juga bisa menerima uang tunjangan kos dan uang buku.

Proses yang diperlukan untuk mendapatkan program beasiswa ini memang tidak pendek. Setelah mengisi formulir dengan informasi data diri serta persyaratan yang diperlukan, Anda perlu menunggu terlebih dahulu hingga pihak LPDP memeriksa kelengkapan dokumen yang Anda berikan. Setelah itu akan ada pengumuman lolos tes administrasi yang kemudian Anda akan dimasukkan dalam diskusi group. Ada proses wawancara yang akan menyeleksi secara pribadi dan minat calon mahasiswa. Setelah itu tahap akhir adalah proses essay dimana Anda dan peserta lain diminta untuk menuliskan essay di tempat tes.

Itulah persyaratan dan tahapan bagi Anda yang ingin mengikuti program beasiswa LPDP dari Kementrian Keuangan. Dengan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana selama 1 hingga 2 tahun, Anda berkesempatan untuk menempuh pendidikan lebih tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri. Meski terlihat rumit dengan persyaratan dan proses yang harus Anda lalui namun percayalah setelah Anda menerima beasiswa, apa yang Anda usahakan itu akan memberi hasil yang lebih dari setimpal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar