10 Okt 2019

Bisnis

Beberapa Kelebihan Adanya Tol Laut Bagi Indonesia

Mungkin ada dari Anda yang baru mendengar seputar tol laut. Tol laut ini memang tergolong baru dalam transportasi logistik Indonesia. Konsep ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo untuk membantu memperlancar pergerakan distribusi logistik. Manfaat tol laut ini perlahan mulai bisa dirasakan.


Apalagi tujuannya memang mempermudah proses distribusi barang seperti bahan pangan. Sehingga dari sisi pemerataan produk-produk kebutuhan masyarakat lebih baik dan seimbang. Hal ini akan sangat memengaruhi harga jual bahan-bahan pokok di berbagai daerah di Indonesia.

Manfaat Tol Laut Untuk Masyarakat

Ada sejumlah manfaat dan kelebihan yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

a. Lebih Menyejahterakan Rakyat Dari Berbagai Lapisan

Keberadaan tol laut ini pada dasarnya memiliki manfaat utama dalam hal membantu peningkatan kesejahteraan rakyat dari berbagai lapisan dan daerah. Tol laut akan mempermudah distribusi produk bahan pokok yang dibutuhkan oleh semua rakyat, menjangkau seluruh lapisan. Kegiatan ini bisa juga diterapkan di Karawang New Industry City dengan pelayanan logistiknya.

b. Memperkuat Jati Diri Indonesia Sebagai Maritim Terbesar

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi laut. Oleh karena itu aktivitas yang berhubungan dengan laut dan kelautan dianggap lebih maju. Konsep tol laut ini mendukung perwujudan Indonesia sebagai negara maritim tersebut. Jadi, aktivitas laut dan kelautan benar-benar lebih bisa diandalkan lagi.

c. Meningkatkan Pendapatan Para Nelayan

Konsep tol laut ini berhubungan dengan pembangunan banyak pelabuhan untuk lebih bisa menjadi fasilitas terbaik. Adanya pembangunan atau renovasi banyak pelabuhan di berbagai daerah di Indonesia ini mampu memberi area perdagangan yang lebih baik lagi, khususnya bagi nelayan sekitar. Seperti pada bagian fasilitas penampung ikan. Manfaat tol laut memang meluas.

d. Mengurangi Angka Pengangguran

Manfaat dan kelebihan terakhir dari adanya tol laut ini berupa mampu membantu mengurangi angka pengangguran dengan memperbaiki infrastruktur daerah-daerah. Sama seperti yang dilakukan melalui Karawang New Industry City atau KNIC. Kota Karawang dibangun lebih maju dan berkembang lagi yang mana membuat daerah ini bisa menjadi kawasan industri terpadu dalam beragam bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar