25 Mar 2020

Kerja

Pengen Kerja Di Luar Negeri? Persiapkan 5 Hal Ini

Berkarir di luar negeri menjadi pilihan tersendiri bagi beberapa masyarakat Indonesia. Selain mencari pengalaman dengan bertukar nasib di negara yang berbeda budaya, bekerja di luar negeri juga terbukti lebih dapat menghasilkan nominal yang menggiurkan ketimbang tetap stay di Indonesia.
Tidak jarang mereka yang bekerja di luar negeri, kembali ke Indonesia dengan rumah, mobil dan sebidang tanah yang sudah dikantonginya. Maka wajar jika banyak yang tertarik bekerja di luar negeri mengingat mempelajari budaya baru hingga mendapatkan tabungan lebih banyak bisa didapatkan di waktu bersamaan.


Bahkan bagi Anda penyandang disabilitas, negara-negara maju di luar negeri memberikan lebih banyak peluang dan kemudahan dengan menyediakan loker khusus penyandang disabilitas di mana bisa didapatkan berbagai lowongan pekerjaan untuk disabilitas melalui digital dan internet.

Nah, apakah Anda juga termasuk ke dalam masyarakat yang tertarik bekerja di luar negeri? Jika ya, yuk bersiapkan 5 hal ini:

1. Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Negara Tujuan

Sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris menjadi standar yang harus dikuasai terlepas dari negera mana yang akan Anda tuju. Meskipun Anda berminat bekerja di Jepang misal, tetapi kemampuan berbicara bahasa Inggris biasanya tetap dipertimbangkan.

Oleh karena itu, untuk bisa bekerja di luar negeri, persiapkanlah kemampuan bahasa Inggris, sekaligus bahasa dari negara tujuan yang Anda minati tentunya. Biasanya, agen penyalur akan memberikan beberapa pelatihan sebelum keberangkatan ke luar negeri, seperti pelatihan keahlian bidang serta keahlian bahasa.

2. Tentukan Posisi dan Perusahaan yang Ditargetkan

Menentukan posisi dan perusahaan yang ditargetkan juga menjadi point penting yang perlu Anda putuskan secara matang.

Dengan sudah meyakini di perusahaan mana serta posisi apa yang Anda minati, Anda dapat lebih fokus untuk mencari tahu informasi mengenai syarat-syarat dan tentunya fokus untuk dapat memenuhi kualifikasi tersebut.

Nah, gimana, sudah menentukan posisi dan perusahaan yang Anda minati?

3. Cari Info dari Dinas Tenaga Pekerja Transmigrasi

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan jika berminat bekerja di luar negeri adalah mencari informasi dari dinas tenaga pekerja transmigrasi. Tentunya, sebagai warga negara Indonesia yang sah dan memiliki aturan, Anda tidak bisa bekerja ke luar negeri dan diterima di negara tujuan begitu saja tanpa step-step yang wajib dilalui dan kualifikasi yang juga wajib dipenuhi.

Di sinilah fungsi dari dinas tenaga pekerja transmigrasi, yakni sebagai wadah yang mengatur ketenagakerjaan dari Indonesia ke luar negeri. Jadi, tidak ada salahnya menggali banyak informasi dan berkonsultasi dengan agen bersangkutan agar harapan Anda bekerja di luar negeri dapat terealisasikan.

4. Bergabung dengan Perusahaan/Agen Penyalur

Biasanya perusahaan tertentu di Indonesia bekerja sama dengan perusahaan di luar negeri sebagai media penyalur. Misalnya saja Anda ingin bekerja sebagai Chef di kapal pesiar. Nah, Anda dapat mencari informasi lowongan pada agen penyalur kemudian mengikuti seleksi, pelatihan dan step lainnya sebelum keberangkatan.

Jadi, di sini Anda memang dituntut perlu aktif mencari dan mengumpulkan informasi.

5. Siapkan Dokumen Pendukung dari Jauh-jauh Hari

Jika sudah banyak informasi yang didapatkan, termasuk menyiapkan bahasa hingga mempelajari budaya negara yang dituju, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung dari jauh-jauh hari. Dokumen seperti visa contohnya, yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan sampai bisa diterbitkan.

Salah satu negara tujuan bekerja bagi masyarakat Indonesia, selain Singapore, Malaysia, Arab Saudi, adalah Australia. Seperti diketahui, Australia juga memiliki kebijakan visa bagi warga Indonesia yang ingin masuk ke negara tersebut, baik untuk tujuan wisata ataupun bekerja. Pertimbangkan menggunakan jasa urus visa Australia jika ingin dipermudah dalam pengurusan dokumen yang tidak begitu Anda pahami. Salah satu referensi agent visa yang bisa Anda coba adalah Visakita, di https://www.visakita.com

Selain ke 5 cara di atas, lengkapi informasi yang Anda gali dengan banyak sharing bersama teman-teman yang memiliki tujuan yang sama. Terlebih jika sebelumnya Anda memiliki rekan atau saudara yang bekerja di posisi atau perusahaan yang Anda tuju, jangan ragu bertanya untuk terus mendapatkan informasi tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar