2 Jan 2018

Kuliner Sponsored Post

Berikut Alasan Mengapa Perlu Mengkonsumsi Matcha

Tidak sedikit orang yang bergantung pada kopi untuk memulai hari – hari mereka. Padahal matcha juga memiliki kandungan seperti kopi yaitu kafein. Namun memang belum banyak yang mengetahui tentang hal tersebut. Ditambah lagi, matcha juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Kafein yang dikandung matcha juga tidak berbahaya bagi tubuh, karena tidak menimbulkan jantung berdebar – debar.

Matcha
Credit: Pexels.com

Seperti dilaporkan Huffingtonpost (08/04) matcha atau teh bubuk hijau tradisional asal Negara Jepang tersebut dibuat dari dua pucuk daun tanaman teh camellia sinensis. Kepercayaan bahwa matcha memiliki manfaat dan kandungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kopi, sudah di ketahui sejak berabad silam.

Salah satu jenis teh hijau atau yang kerab disebut Matcha ini diproses dengan cara digiling hingga menjadi bubuk yang halus. Aromanya pun harum dengan rasa khas dimiliki yaitu sedikit pahit. Matcha juga mengandung nutrisi dan kafein yang bik bagi kesehatan tubuh. Dua gram teh hijau matcha yang disajikan dalam satu cangkir mengandung kafein yang sama seperti secangkir kopi jenis espresso. Namun, kafein yang terkandung dalam matcha larut perlahan sepanjang hari sehingga berbeda dengan kafein pada minuman jenis lainnya.
Manfaatnya, kandungan kafein yang ada di dalam matcha dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi, lebih rileks, dan tidak menimbulkan rasa cemas dan jantung berdebar - debar seperti kafein yang ada dalam espresso dan minuman berenergi lainnya. Matcha juga mengandung L-Theanine alami yang bekerja bersama kafein untuk memberikan rasa tenang pada pikiran, lebih berkonsentrasi dan meningkatkan suasana hati supaya tidak stress.

Co-Owner New York’s City’s MatchaBar, yaitu Graham Fortgang, ia juga merupakan salah satu penggemar matcha yang mengatakan bahwa kandungan kafein dalam matcha memiliki keunggulan lain untuk dapat mencegah luka bakar dengan cepat dan mengobati luka ringan. Secangkir matcha mengandung antioksidan 10 kali lebih banyak daripada teh hijau yang memiliki khasiat mengontrol kadar gula dan kolesterol darah, serta dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar