21 Mei 2019

Mobil

Inilah Deretan Mobil Balap Toyota yang Terkenal di Industri Otomotif Sepanjang Masa

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang sangat berguna bagi kebutuhan manusia, selain karena mampu menampung beban yang lebih berat dan cenderung banyak. Kendaraan jenis satu ini juga selalu diperhitungkan dalam kecepatan yang mampu ditempuh dalam sebuah perjalanan.


Toyota sebagai salah satu produsen terkenal di bidang otomotif yang telah berkiprah selama puluhan tahun. Brand satu ini sudah mampu bersaing dengan mobil-mobil kenamaan Eropa, seperti Jaguar dan BMW. Sehingga menjadikan Toyota sebagai produsen yang diperhitungkan di dunia.

Terdapat banyak konsumen yang berasal dari berbagai kalangan. Sebab Toyota juga mengeluarkan berbagai macam tipe mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari tipe SUV, MPV dan Sport yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan mobil balap.

Mobil balap Toyota disambut baik kehadirannya oleh para konsumen di pasaran. Hal itu juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu konsumen tetap yang memiliki jumlah cukup banyak di pasaran.

Selain produk baru yang dirilis hampir setiap tahun Toyota juga memiliki beberapa koleksi mobil sport legendaris yang dicari para kolektor otomotif, bahkan para spesialis mobil balap yang mencari sebagian spare part tangguhnya. Apa saja koleksi Toyota yang dianggap terkenal sepanjang masa. Simak penjelasannya berikut ini.

Toyota S800

Produsen Toyota memiliki ikatan emosional dengan seri ini, sebab seri ini menjadi mobil sport urutan pertama yang berhasil diproduksi oleh mereka. Pada beberapa tipe tertentu, mobil ini dilengkapi dengan mesin 790cc dengan tenaga yang mencapai 45 PS. Dimana mesin ini memanfaatkan fungsi roda bagian belakang sehingga bisa melaju dengan kecepatan 160 KM/Jam pada percobaan sirkuit dan 70 KM/Jam pada jalan kota.

Toyota GT86

Tahun 2012 menjadi waktu yang tepat untuk kolaborasi antara Toyota dengan Subaru, kemudian menciptakan mobil sport yang layak untuk dipertimbangkan di pasar otomotif. Harga untuk sebuah Toyota GT86 masih sangat tinggi, harga yang di banderol di Indonesia masih berkisar Rp. 700 juta. Akan tetapi harga tersebut sangatlah sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya.

Mesin Boxer dengan 4 Cylinder DOHC dengan kapasitas sebesar 1988cc dengan tenaga yang mencapai 200 PS. Dengan demikian baik kendaraan maupun spare partnya sangat cocok digunakan bagi mereka yang sedang mencari mobil balap yang handal dalam kecepatan.

Toyota GT One

Koleksi selanjutnya adalah Toyota GT One, dimana mobil ini memang dirancang khusus sebagai mobil balap, bahkan pernah dipakai dalam balapan Grand Touring GT1. Kemudian digunakan dalam berbagai balapan lainnya sampai dengan tahun 1993.

Mesin yang digunakan adalah 3,6 Liter V8 Twin Turbo pada transmisi 6 Speed SM, sehingga kecepatan laju yang dihasilkan sudah tidak lagi diragukan. Kemudian berat dari mobil ini juga terbilang ringan, karena bahannya terbuat dari carbon fiber dan alumunium honeycomb monocoque.

Toyota 2000GT

Mobil Toyota selanjutnya, memiliki jumlah produksi terbatas. Dimana hanya sebanyak 351 unit saja. Sehingga jumlah terbatas inilah yang menjadikan mobil ini sangat dicari oleh para kolektor dan pemburu spare part langka di seluruh dunia.

Desain klasik dipilih untuk membalut bodi secara keseluruhan, kemudian termasuk ke dalam kategori mobil sport yang dilengkapi 2 pintu. Mesin yang dipakainya juga memakai dua jenis pilihan, yakni 2.3L2M I6 dan seri 2.0L 3M I6.

Demikian beberapa koleksi mobil Toyota yang memiliki legenda terkenal soal kecepatan dan ketangguhan di berbagai arena. Baik di dalam sirkuit balap maupun jalanan ramai kota metropolitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar