20 Des 2019

Kesehatan

Pentingnya Memahami Hal Berikut Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak boleh menyepelekan kondisi kehamilan yang tengah dialaminya. Sebab, ibu hamil perlu waspada dengan kondisi kehamilannya agar dirinya dan janin yang ada didalam kandungannya bisa selamat saat persalinan. Meskipun demikian, banyak calon ibu yang masih menyepelekan kehamilan dan memilih untuk tetap tenang meskipun ada hal yang ganjal seputar kehamilannya. Padahal, menjalani proses kehamilan bukan sekadar memenuhi kebutuhan nutrisi karena sudah memahami pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil saja. Ibu hamil juga perlu mengetahui beragam hal seputar kehamilan sebagai berikut:


Hindari beberapa makanan berikut

Selama kehamilan, seorang ibu perlu memperhatikan betul asupan nutrisi yang dikonsumsinya sehari-hari. Sebab, dari nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari itulah tumbuh kembang janin akan terjaga dan kesehatan sang ibu juga akan terjaga. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh. Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang perlu dihindari karena cenderung berbahaya bagi sang ibu dan sang janin. Berikut ini beberapa diantaranya:
  1. Makanan setengah matang: sushi, steak, telur setengah matang
  2. Makanan laut dengan kandungan merkuri yang tinggi : tuna, tongkol
  3. Kopi
  4. Rokok
  5. Minuman beralkohol

Hubungan seks saat hamil

Sebelum hamil atau saat sedang tidak menstruasi, hubungan seks jelas bukan suatu larangan bagi pasangan suami istri. Namun, seringkali banyak orang yang ragu apakah hubungan seks saat kehamilan diperbolehkan atau tidak. Lantas, apakah hubungan seks sendiri dilarang atau diperbolehkan bagi ibu hamil?

Pada dasarnya, hubungan seks selama kehamilan tidak dilarang selama posisi sang ibu nyaman dan tidak berbahaya. Hanya saja, saat trimester pertama, sebaiknya sperma tidak dikeluarkan di dalam Rahim sang ibu untuk mencegah terjadinya keguguran. Pada saat kondisi kehamilan sudah menjelang masa persalinan, hubungan seks perlu dilakukan lebih sering agar persalinan secara normal berjalan lebih lancar.

Selain berusaha lebih peduli terhadap kondisi kehamilan, pastikan ibu hamil juga rutin membaca info kesehatan terbaru yang valid dan bisa terpercaya. Info kesehatan terbaru dari guesehat.com bisa menjadi rujukan yang tepat karena berasal dari sumber yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar