22 Feb 2017

Sponsored Post

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Sejak pertama kali hamil saya memang bertekad untuk menyusui Aisyah selama dua tahun. Meski faktanya Aisyah hanya menyusui hingga usia satu tahun setengah. Tapi seenggaknya saya sudah berhasil menyusui Aisyah secara eksklusif di bulan pertama kelahirannya hingga enam bulan. Saya paham betul, bahwa manfaat ASI eksklusif sangat banyak bagi bayi. Sehingga meski sempat mengalami masa sulit saat menyusui saya tetap berusaha untuk menyusui.

bunga-teratai

Bagi saya awal-awal menyusui sangat sulit. Apalagi saya memang masih baru belajar dan rasa sakit saat menyusui membuat saya terkadang takut untuk menyusui. Seiring berjalannya waktu rasa sakit itu menghilang karena Aisyah semakin pintar menyusui. Sehingga gak heran kalau Aisyah tergolong jarang sekali sakit. Karena salah satu manfaat ASI eksklusif adalah menjaga imunitas tubuh bayi.

Padahal kalau lihat anak lainnya yang menyusui sambil didulang makanan padat, mereka sering sakit-sakitan. Ya bayangin aja anak umur empat puluh hari kok sudah dikasih makan pisang yang dikeruk. Apa gak kaget pencernaanya? Tapi sayangnya banyak orang yang gak mau tahu, pokoknya bayinya kenyang katanya.

Padahal pada usia nol hingga enam bulan, bayi cukup minum ASI saja. Manfaat ASI eksklusif gak bisa ditandingin dengan susu formula yang mahal sekali pun karena memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk bayi.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

Manfaat ASI bagi bayi sangat banyak dan salah satunya jika memang Bunda ingin punya anak yang cerdas, memberika ASI eksklusif bisa juga loh merangsang agar si kecil menjadi cerdas. ASI eksklusif memang sangat disarankan karena resiko bayi terkena diare lebih kecil ketimbang minum susu formula.

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya ASI eksklusif memang dapat menambah kekebalan tubuh si kecil sehingga gak mudah sakit.

Karena ASI mudah diserap oleh tubuh bayi, berat badan bayi juga dapat bertambah secara signifikan. Asalkan Bunda telaten untuk selalu menyusui dan jangan diselingi dengan makanan padat sebelum enam bulan. ASI juga cocok untuk semua bayi karena memang sudah didesain seperti khusus untuk bayi. Tentunya ASI eksklusif juga lebih ekonomis. Bunda tinggal makan sayur yang banyak untuk merangsang ASI.

Jika Bunda memiliki kendala saat menyusui jangan langsung menyerah ya. Karena bagimana pun juga si kecil akan tumbuh dengan baik jika Bunda memberikan ASI. Cobalah untuk menyusuinya paling gak hingga enam bulan.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu

Menyusui bukan saja bermanfaat bagi si kecil. Ternyata ASI eksklusif memiliki manfaat juga loh buat Bunda. Dengan menyusui Bunda dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Apalagi memang saat hamil, biasanya berat badan Bunda memang naik ya. Selain itu, dengan menyusui Bunda dapat mengurangi pendarahan pasca melahirkan. Hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui dapat membantu rahum berkontraksi, sehingga rahim dapat segera kembali kebentuk sebelum hamil. Jika Bunda menyusui, Bunda juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara dan ovarium loh.

Bunda juga bisa menghemat banyak uang dengan menyusui, sehingga Bunda dapat membeli makanan yang bergizi untuk dikonsumsi Bunda agar dapat menghasilkan ASI yang baik.

Bayi-laki-laki
Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih sehat.

Nah setelah tahu manfaat ASI bagi bayi dan ibu, selalu usahakan untuk memberikan ASI untuk bayi Bunda ya! Karena memang gak ada yang bisa menandingi manfaat ASI. Memang menyusui awalnya sulit tapi kelak Bunda akan sangat senang jika melihat si kecil tumbuh sehat dengan ASI yang Bunda berikan. Happy breastfeeding ya Bunda!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar