27 Apr 2016

Review

Beberapa Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sangat banyak diderita oleh manusia. Bagaimana tidak, sakit gigi ini memang sebagian besar disebabkan oleh makanan dan cara perawatan yang salah. Sakit gigi bisa berawal dari gigi yang berlubang akibat banyak hal. Berikut ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi gigi berlubang yang sering dialami banyak orang.


Beberapa Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Tahukah kamu sebuah fakta yang mengerikan, bahwa menurut Humas Universitas Indonesia 90 persen penduduk sakit gigi (kliping tahun 2007). Dan tahun 2010 seperti yang dirilis oleh Antaranews, remaja di atas 12 tahun mengalami gigi berlubang sebanyak lebih dari 43,3%. Mengerikan memang mengetahui fakta itu.

Untuk itu perlu banget tahu bagaimana cara mengatasi gigi berlubang. Tentu saja untuk mengatasi gigi berlubang harus tahu apa saja penyebab gigi bisa berlubang. Berikut penjelasannya.

Kurangi Makanan Yang Asam

Siapa sih yang tidak suka makanan yang asam. Asam di sini bukan hanya yang rasanya asam, namun juga punya tingkat keasaman (lawan dari basa), terutama asam fitat. Nah, makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi bisa membuat gigi menjadi lebih rapuh dan gampang berlubang loh. Bahkan asal kamu tahu, beras yang sering kita makan juga mengandung asam fitat, namun kecil.

Nah, asam fitat yang mengendap di gigi dalam jumlah banyak inilah yang menyebabkan gigi bisa berlubang. Tentu saja jika gigi sudah berlubang, kamu harus cari tahu cara mengobati gigi berlubang dengan segera, sebelum lubangnya benar-benar besar dan menyebabkan sakit gigi yang tak tertahankan di kemudian hari.

Jangan Makan Makanan dengan Suhu Ekstrem

Selain makanan yang mengandung asam fitat, ternyata semua jenis makanan juga bisa menjadi ancaman jika makanan tersebut bersuhu ekstrem. Apa itu bersuhu ekstrem? Suhu yang dingin dan suhu yang panas. Suhu yang dingin biasanya es krim. Suhu yang panas, diwakili banyak masakan yang enak dimakan saat baru matang. Salah satunya bakso.

Kebanyakan dari kita, suka sekali ketika selesai menyantap bakso yang panas, tak lama kemudian mimum es. Memang sih rasanya enak banget, segar. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan makan seperti itu tidaklah bagus. Ibarat sebuah gelas kaca, setelah diisi air panas dan dibuang airnya, lalu diisi air dingin saat itu juga. Apa yang terjadi? Gelas kaca tersebut akan pecah. Nah, gigi juga mengalami hal yang sama, hanya saja lebih kokoh dari segelas kaca.

Namun, tetap saja mengalami dampak yang sejenis dengan gelas kaca tersebut. Gigi bisa berlubang meskipun kecil sekali. Nah, ketika kamu sering melakukan itu, maka lubang tadi akan semakin besar dan besar. Kamu tidak menyadarinya, dan tersadar ketika kamu sudah sakit gigi.

Rajin Sikat Gigi Sebelum Tidur

Tak hanya sebatas menghindari makanan tertentu saja yang termasuk cara mengatasi gigi berlubang. Kebiasaan sebelum tidur juga sangat mempengaruhi kualitas gigi seseorang. Apakah dia rajin sikat gigi sebelum tidur ataukah tidak.

Ketika kamu mulai malas menggosok gigi sebelum tidur, maka makanan sisa di gigi tersebut akan dibusukkan oleh enzim yang ada di mulut. Nah, tentu saja sisa makanan yang membusuk tersebut mengandung keasaman yang bisa merusak gigi. Nah dari sinilah gigi kamu mulai berlubang dengan perlahan.

Gosok Gigi dengan Benar dan Menyeluruh

Rajin gosok gigi sebelum tidur saja tidak cukup untuk menyelamatkan gigimu dari berlubang. Cara gosok gigi yang benar dan menyeluruh juga sangat mempengaruhi. Bagian gigi memang unik dan kamu harus sabar membersihkan sela-sela gigi. Apalagi gigi bagian geraham yang kadang susah dijangkau dan luput dari gosokan sikat gigi.

Biasanya untuk menggosok gigi yang menyeluruh, kamu harus punya urutan menggosok bagian gigi. Misal untuk pertama kamu gosok gigi seri atas lalu bawah. Setelah itu gosok gigi geraham kanan atas, lalu geraham kanan bawah. Setelah itu, gosok bagian gigi geraham bagian kiri. Jika bagian luar gigi sudah selesai, gosok bagian dalam yang atas dulu, lalu yang bawah.

Dengan kamu mempunyai pola urutan menggosok gigi, gigi tidak akan ada yang terlewat. Dengan mengerti apa saja hal yang menyebabkan gigi berlubang, kamu tidak perlu memusingkan lagi bagaimana cara mengobati gigi berlubang. Karena kita tahu, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar