28 Nov 2015

Trik Unik

Trik Membersihkan Pantat Wajan yang Gosong

Membersihkan pantat wajan gosong merupakan pekerjaan yang lumayan merepotkan untuk semua ibu rumah tangga. Bukan hanya membuat pekerjaan lebih sulit, pantat wajan yang hitam juga akan membuat penampilan dapur menjadi terlihat tidak bersih dan tidak terawat. Lalu bagaimana sebenarnya trik yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini? Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pantat wajan yang gosong adalah menggunakan tepung kanji. Memang bukan hanya tepung kanji saja yang dipakai untuk trik yang satu ini, yaitu dengan mencampurnya dengan detergen dan sedikit air yang masih panas. Dipersiapkan pula lap kotor untuk menggosok panci atau wajan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencampur detergen dan tepung kanji bersama dengan sedikit air panas. Jika sudah tercampur, bisa langsung diterapkan ke pantat panci atau wajan yang gosong dengan cara di gosok-gosokkan menggunakan lap kotor. Untuk hasil yang maksimal, langkah ini bisa dilakukan secara berulang-ulang.

Sumber gambar: cwf wok Flickr

Trik membersihkan pantat wajan gosong lainnya adalah dengan menggunakan campuran baking soda, perasan jeruk limau, dan cuka. Untuk membuat cairan pembersih sendiri, bahan-bahan tersebut bisa dicampurkan hingga dibuat menjadi cairan yang agak kental. Dalam hal ini alangkah baiknya jika cairan pembersih buatan ini berada dalam keadaan tidak terlalu kental namun tidak juga terlalu encer. Jika sudah selesai membuatnya, cara yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran membandel pada wajan ini adalah dengan mengoleskannya pada pantat panci atau wajan yang hitam. Setelah itu, bisa didiamkan beberapa menit wajan atau panci yang sedang dibersihkan tadi untuk kemudian dibilas dengan air bersih. Terakhir, panci atau wajan yang berada dalam proses dicuci tersebut bisa langsung digunakan untuk memasak air. Sambil memasak, bisa dibersihkan sedikit demi sedikit pantat wajan menggunakan alat pengaduk. Setelah air selesai dipanaskan sekitar 10 sampai 15 menit, panci atau wajan bisa diangkat dari kompor untuk kemudian di biarkan saja selama seharian.

Selain cara yang disebutkan tadi, adapula trik hebat lainnya yaitu dengan merendam pantat panci atau wajan di air dingin yang ditabur dengan beberapa sendok garam. Setelah direndam selama 2 jam, bagian bawah wajan tersebut bisa langsung digosok menggunakan alat kikir atau penggosok khusus yang biasa dijual di pasaran. Jika sudah digosok namun masih tetap ada kotoran yang menempel, panaskanlah air menggunakan panci atau wajan tersebut. Jika air sudah dirasa panas, panci atau wajan tersebut bisa diangkat dari kompor dan direndam lagi menggunakan air dingin yang dicampur dengan garam. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, dapat dilakukan langkah tersebut berkali-kali sampai panci atau wajan benar-benar bersih. Sekian ulasan mengenai tips jitu membersihkan pantat wajan gosong, semoga bisa dijadikan referensi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar