12 Feb 2016

Review

Bahaya dan Manfaat Mouthwash Bagi Gigi dan Mulut

Mouthwash atau yang sering dikenal sebagai obat kumur memang menjadi pelengkap untuk urusan kebersihan gigi dan mulut. Beberapa orang memakai mouthwas setelah menyikat gigi. Ada baiknya setelah menyikat gigi perlu diberi jeda beberapa menit sebelum menggunakan mouthwash. Meski mouthwash memiliki manfaat bagi gigi dan mulut, pada penggunaan yang tidak benar mouthwash terbaik pun hanya akan menjadi bomerang bagi kesehatan gigi kita. Maka dari itu kita perlu memperhatikan cara penggunaan mouthwash yang benar dan tepat untuk hasil yang maksimal.

Mouthwash
Mouthwash

Cara Penggunaan Mouthwash yang Aman

Menggunakan mouthwash memang memiliki beberapa manfaat. Tapi sayangnya penggunaan mouthwash yang mengandung antiseptik secara berlebihan akan membunuh bakteri baik pada mulut. Sebaiknya menggunakan mouthwash yang mengandung antiseptik tidak perlu terlalu sering. Tapi untuk penggunaan mouthwash yang mengandung Floride, kamu bisa menggunakannya sesering mungkin. Begitu juga mouthwash untuk menghilangkan plaq gigi kamu bisa menggunakan mouthwash sehari dua kali.

Berkumurlah dengan mouthwash setelah menyikat gigi. Sangat tidak disarankan berkumur dengan mouthwash sebelum menyikat gigi. Hal ini dikarenakan menyikat gigi akan menggilangkan bahan aktif yang terkandung pada mouthwash. Berkumurlah selama tiga puluh detik lalu muntahkan. Ushakan tidak ada mouthwash yang tertelan.

Mouthwash yang tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius. Pada mouthwash yang mengandung alkohol jika tertelan oleh anak kecil dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu perlu berhati-hati dalam penggunaan mouthwash.

Bahaya Menggunakan Mouthwash Secara Berlebihan

Seperti yang sebelumnya pernah dibahas, menggunakan mouthwash yang mengandung antiseptik secara berlebihan dapat membunuh bakteri baik pada mulut. Padahal idealnya menggunakan mouthwash hanya untuk membunuh bakteri jahat saja. Jika kamu menggunakan mouthwash untuk menghilangkan bau mulut, maka gunakan lah sesuai aturan. Jika menggunakannya terlalu sering justru akan timbul masalah bau mulut yang lebih serius diakibatkan matinya bakteri baik pada mulut.

Pada mouthwash yang mengandung alkohol, jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan mulut kering dan justru membuat mulut semakin bau. Selain itu penggunaan alkohol pada obat kumur disebut-sebut dapat memicu kanker mulut. Efek lain dari obat kumur yang mengandung alkohol adalah dapat mempengaruhi lidah sehingga indra pengecapan menjadi terganggu.

Manfaat Mouthwash Bagi Gigi dan Mulut

Menyikat gigi memang terkadang tidak cukup untuk membersihkan seluruh gigi. Hal in ini disebabkan karena gigi memiliki celah-celah kecil yang terkadang sulit sekali untuk dijangkau oleh bulu sikat gigi. Maka dari itu mouthwash berguna untuk menyempurnakan kebersihan gigi dan mulut.

Pada pemakainan yang wajar, mouthwash berfungsi untuk menghilangkan bau mulut akibat bakteri jahat pada mulut. Selain itu mouthwash yang mengandung Floride dan mencegah gigi dari lubang-lubang.

Mouthwash yang Aman Bagi Mulut dan Gigi

Terlepas dari efek buruk mouthwash jika memang masih ingin menggunakannya disarankan untuk memperhatikan kandungan zat yang ada dalam obat kumur tersebut. Pilihlah obat kumur yang mengandung Floride yang mampu melawan kerusakan pada gigi. Jika gigi kamu bermasalah dengan plaq pilih lah obat kumur yang mengandung Antiplaque.

Untuk mouthwash yang lebih aman sebaiknya memilih obat kumur tanpa alkohol agar tidak menimbulkan efek kering pada mulut. Pilihlah mouthwash terbaik yang sesuai dengan kebutuhan gigi kamu.

Jika kamu masih bingung untuk memilih mouthwash terbaik bagi perawatan gigi dan mulut, kamu dapat membeli mouthwash dalam kemasan ekonomis. Hal ini hanya untuk mencoba jika mouthwash yang sedang kamu pilih memang mouthwash terbaik untuk kondisi mulut dan gigi kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar