20 Jun 2018

Kesehatan

Apakah Benar AC Bisa Menjadi Sumber Penyakit

Panasnya cuaca beberapa waktu belakangan ini membuat kebanyakan orang menjadi bergantung pada penggunaan pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC. Namun, perlu diketahui bahwa paparan udara yang dikeluarkan oleh pendingin ruangan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, efek sampingnya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara permanen.

Sumber gambar: www.ahchealthenews.com

Menurut U.S. Department of Energy’s Lawrence Berkeley National Laboratory, udara dingin yang dikeluarkan oleh AC dapat memicu tumbuhnya mikroorganisme dalam tubuh. Menariknya, setiap tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap mikroorganisme tersebut, sehingga membuka peluang untuk seseorang menjadi mudah sakit.

Baca juga: Cara meredakan radang tenggorokan dengan herbal.

Berikut ini adalah 5 penyakit yang bisa timbul akibat penggunaan pendingin ruangan terlalu lama:

1. Bell’s Palsy

Bell’s Palsy adalah kelumpuhan pada salah satu sisi otot di wajah yang bersifat sementara. Kondisi ini menyebabkan salah satu sisi wajah penderitanya terlihat tidak berfungsi. Saat ini masih belum diketahui penyebab pasti dari munculnya Bell’s Palsy. Meski begitu, Bell’s Palsy lebih umum terjadi pada penderita diabetes, HIV, dan bisa disebabkan oleh paparan AC yang terlalu lama. Hal ini dikarenakan penggunaan pendingin ruangan yang terlalu lama dapat menyebabkan pembengkakan saraf wajah.

Bell’s Palsy umumnya memiliki gejala seperti sulit memejamkan mata, berkumur, dan pengecapan lidah berkurang.

2. Tortikolis

Tortikolis adalah penyakit yang menyerang otot leher yang mengakibatkan kepala terlihat miring ke samping. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bermacam hal, salah satunya adalah kerusakan sistem saraf akibat penggunaan pendingin ruangan yang terlalu lama. Namun, dampak akibat penggunaan AC ini sangatlah kecil, karena sampai saat ini kasus Tortikolis umumnya disebabkan oleh kelainan gen dari orangtua ke anak.

Penderita Tortikolis umumnya akan mengalami gejala seperti otot leher kaku, sakit leher, leher bengkak, tremor pada kepala, sakit kepala, dan salah satu bahu terlihat lebih tinggi.

3. Frozen Shoulder

Bagi Anda yang pernah merasakan kaku pada bagian pundak ketika bangun tidur, kemungkinan besar Anda menderita penyakit Frozen Shoulder. Sesuai dengan namanya, Frozen Shoulder atau Adhesice Capsulitis adalah gangguan kaku dan nyeri yang terjadi pada area bahu. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh menebalnya jaringan pada bagian sendi bahu yang terjadi akibat berada dalam ruangan AC terlalu lama.

Frozen Shoulder memiliki tiga tahapan. Pertama adalah Freezing stage, di mana penderita akan merasakan nyeri di tiap pergerakan bahu. Kedua adalah Frozen stage, di mana rasa nyeri terasa berkurang, namun bahu terasa semakin kaku dan sulit digerakan. Tahan terakhir adalah Thawing stage, di mana jangkauan gerakan bahu terasa membaik.

4. Carpal Tunnel Syndrom

Carpal Tunnel Syndrom adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami kesemutan, mati rasa, dan nyeri. Bagian jari tangan yang paling sering terserang Carpal Tunnel Syndrom adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk. Perlu dimengerti bahwa gejala dari kondisi ini biasanya berkembang secara perlahan dan akan terasa semakin parah ketika terkena AC di malam hari.

Selain sensasi rasa kesemutan pada tiga jari, gejala Carpal Tunnel Syndrom yang muncul adalah ibu jari melemah, rasa nyeri atau tertusuk pada jari tangan, dan rasa nyeri yang menjalar hingga ke tangan dan lengan penderitanya.

5. Sesak Nafas

Salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada pengguna AC secara berlebihan adalah kesulitan bernapas. Dilansir oleh jurnal kesehatan US National Library of Medicine National Institutes of Health, kebanyakan AC mengandung zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida.

Kandungan kimia tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit pernapasan seperti asma. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan pendingin ruangan berkualitas jenis Plasmacluster yang terbukti mampu membunuh virus penyebab penyakit. AC Plasmacluster bisa Anda dapatkan dengan harga murah di Shopee!

Itu dia beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh penggunaan pendingin ruangan secara berlebihan. Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan AC jika dibutuhkan, ya. Semoga informasi ini membantu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar